YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MODIFIKASI MOTOR JUPITER MX AGAR TAMBAH KENCANG?



Untuk modif harian, anda bisa melakukan modif di sektor pengapian (IGNITION), dengan mengganti coil standard dan CDI adjustable atau programmable.

Untuk coil, anda bisa menggunakan produk / merek Coil XP Andrion Series CMC 2 A High Performance, atau coil protec yang semburan apinya setara dengan coil YZ 125. Untuk ganti coil dana yang anda keluarkan tidak lebih dari Rp 200.000. Selain coil, busi juga perlu diganti dengan tipe Platinum atau sekalian pakai tipe Iridium yang memiliki ujung elektroda runcing berbahan platinum atau iridium.



Selain itu, CDI juga perlu diganti. Anda bisa mengganti dengan CDI adjustable produk CDI XP 301 MC Stage 2 Andrion Series Limited Edition (LE) 4 power, yang menghasilkan output DC stabil di 350 volt. Dengan CDI XP 301 MC ini bisa anda tentukan pada RPM berapa advancer akan bekerja. Atau bisa juga menggunakan CDI Chetaah Power (CP) yang bisa diprogram, tersedia output pilihan 380 volt, 425 volt, 500 volt, 700 volt. Dana yang dibutuhkan antara 500 ribu hingga 1,5 juta.


Dengan penggantian coil dan CDI racing, tidak membuat bensin MX menjadi boros, malah keuntungannya adalah bensin lebih irit dan tarikan (akselerasi) jauh lebih cepat dari MX standard.


Penggantian knalpot bebas hambatan juga dapat mendongkrak tenaga MX. Untuk jelasnya silakan click link di bawah ini.

Cara-cara modif ignition (pengapian) di atas tidak sampai mengubah karakter MESIN MX. Sebab modif mesin membutuhkan lebih banyak ketelatenan dan lebih banyak dana yang harus dikeluarkan, misalnya upgrade MX menjadi 150 cc dengan menggunakan blok mesin V-ixion
(mengganti Piston,Ring piston,Silinder blok diasil,gasket silinder head),
menggunakan camshaft (noken as) durasi tinggi,
menggunakan karburator ukuran 28 termasuk penyesuaian dengan pilot jet dan main jet,
mengganti dengan saringan udara racing,
porting polish,
menaikkan kompresi dsb.


MX memiliki rasio kompresi tinggi, yaitu 1:10,9 maka gunakan bahan bakar octane 95 seperti Pertamax Plus. Menggunakan bensin premiun memang bisa jalan, tapi anda akan merasakan tarikan MX bakalan loyo dalam akselerasi dan kalaupun anda maksa karena budget terbatas, anda bisa menggunakan bensin premium + octane booster seperti misalnya Griffon Crazy Octane, MyGreen Oil (MGO).

Saya sudah mencoba kedua produk tersebut dan hasilnya memang membuat tarikan MX ringan seperti menggunakan Pertamax Plus. Namun cara ini tidak disarankan untuk jangka waktu yang panjang.

materi referensi:

http://otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=otonews/Content/0/0/1/7/1771

http://babad150f.wordpress.com/2009/04/18/plug-and-play-bore
-up-jupiter-mx/

berikut adalah spesifikasi semua jenis Coil beserta daftar harganya:



BAGI PENGGUNA MOTOR DENGAN SPEK YG SUDAH BORE UP ATAU CARBU GEDE, KINI XP MENGELUARKAN CDI 301MC ST-02 LE-6 POWER DAN SPEK DIATAS TIPE 301MC ST-02 LE-4 POWER......YUK MARI......



Notes : Disarankan untuk modifikasi minimal dengan carbu 26 keatas atau yg sudah bore up...

--------------------------------------------------------------------------------------------------------



.....buat bro2 yg suka akselerasi dan top speed untuk motor tercinta-nya....nih ada produk baru dari pabrikan XP IGNITION yg baru ngeluarin produk baru berupa COIL dengan kemampuan lebih baik dari coil motor dengan spek special engine.......supaya gak penasaran nih gambarnya.....



Sehubungan dengan pengembangan technology, kini telah hadir CDI XP 301MC STAGE 02!!, dengan pengembangan tersebut menghasilkan produk CDI XP 301MC Stage02 Andrion Series dengan beberapa pengembangan di sektor Voltage dan sektor Timing Curve. CDI XP 301MC Stage02 Andrion Series ini merupakan versi yang lebih bertenaga lagi dari CDI XP 301MC sebelumnya. Dan dengan ada-nya versi terbaru ini maka CDI XP 301MC yang lama telah tidak kami produksi lagi.

PRODUK CDI XP-301MC STAGE 02
Reduced: 90% of original size [ 566 x 800 ] - Click to view full image


Features :
-Up grading performance from CDI XP 301 MC
- Up grading Condensator system
- Up grading Ignition timing curve
- Up grading cooling system for SCR
- Up grading AVR system
- More Powerfull


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
CDI XP 301-MC (DISCONTINUED)


Specification CDI XP 301-MC

Features :
1. Manual Advancer System (bisa stel karakter motor), penyetelan karakter yang sangat mudah hanya dengan adjuster tool
2. Output Voltage : 350 Volt Dc constant up to RPM 32.000
Generated by Toroid (High Frequency)
3. System pengapian Double Phase (satu2nya didunia yang menggunakan system ini) untuk mendapatkan tegangan output yang sangat stabil
4. High Power and High Energy
5. Electrical Safety Design Improved (Durable)
6. Garansi 1 tahun penuh
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
HP-7



Specification CDI XP HP7-MC

Features :
1. Fixed advancer, Improved Map Ignition Timing
2. Digital Advancer system for ignition trigger
3. High Performance Output Ignition Voltage with short Delay 300 VDC constant up to RPM 25.000
(Design with High Quality Electrical Component grade I, Safety Factor Electrical Design improved)
4. Plug n Play (System Soket)
5. Increase Power, Torque and Top Speed of your Motorcycle (Proven)

Semua produk CDI XP Ignition™ Voltage Output di design dengan "SPECIAL Green TOROID" (More Powerfull)

FAQ CDI XP

1. Q : CDI XP bisa dipakai untuk motor harian?

A : CDI XP HP7, CDI XP 301 MC Stage02 dan CDI XP 301 MC Stage02 Limited Edition (4 Power) bisa dipakai untuk semua aplikasi baik harian, maupun untuk balap


2. Q : Apa sih bedanya CDI XP dengan CDI-cdi merk lain?

A : CDI XP merupakan CDI yang dirancang khusus untuk mendapatkan Power dan Torsi yang berlimpah yang didukung dengan tegangan output yang benar-benar murni 350 volt DC konstan dengan menggunakan teknologi Toroid dan system double phase, CDI-cdi merk lain hanya dengan system single phase, analogi dalam mesin seperti mesin 2 silinder melawan mesin 1 silinder/ sudah jelas dari segi elektronik system double phase untuk pengisian ke power Transistor bisa secara cepat dan stabil. Dan juga system curve timing CDI XP dirancang sesuai dengan hisapan mesin yang kami sebut Curve Timing secara sentrifugal (pergerakan timing yang halus dan presisi) hal ini bisa dibuktikkan dengan melihat pergerakan Timing CDI XP dengan menggunakan timing light . Anda bisa membuktikkan pergerakan timing semua CDI XP ini dan bandingkan dengan pergerakan timing CDI-CDI merk lain


3. Q : Bagaimana mungkin menggunakan CDI XP motor bisa makin kencang tapi tetap hemat BBM

A : Prinsip dalam ruang bakar adalah Udara,bahan bakar dan pengapian ( 3 factor yang sangat berperan) :
Dalam hal ini XP Ignition mengkhususkan di bidang pengapian sesuai dengan specialisasi kami. Hasil riset kami ternyata gap (celah) efisiensi dari pengapian masih sangat besar, dengan adanya celah efisiensi tersebut disitulah teknologi diciptakan. Factor timing pengapian yang bisa diadvance lebih awal bisa membuat mendapatkan power dan torsi yang lebih dengan catatan harus didukung dengan pengapian yang kuat dengan teknologi kami yaitu kurva timing secara sentrifugal yang diadvance lebih awal dibandingkan dengan CDI std dan didukung oleh pengapian 350 Volt konstan dan murni hingga RPM atas menjamin efisiensi pengapian tingkat tinggi membakar bahan bakar secara maksimal dan bisa dikonversi menjadi power dan torsi hingga RPM atas


4. Q : Pengapian CDI XP basis nya apa?

A : pengapian CDI XP berbasis DC (Direct Current), dimana CDI XP mengambil tegangan melalui Accu


5. Q : Kalo begitu CDI XP tidak bisa diaplikasikan ke motor dengan pengapian AC seperti motor Tiger, Scorpio dll?

A : CDI XP tetap bisa diaplikasi kan ke motor2 dengan pengapian AC sesuai dengan program timing yang sudah dibuat oleh XP Ignition.
Perbedaan pengapian AC dan DC hanyalah sumber tegangan yang dibutuhkan oleh CDI :
Pengapian AC : magnet Spull (tergantung medan magnet yang dihasilkan)----> CDI AC---> Koil ---> busi
Pengapian DC : Aki 12 volt ---> CDI XP (Kurva Timing yang sudah diriset untuk motor) ----> Koil ----> Busi
Contoh untuKk motor tiger menggunakan CDI XP ver 12, Motor scorpio menggunakan CDI XP ver 25 dll


6. Q : Mana lebih baik pengapian AC atau DC?

A : Secara tegas kami nyatakan pengapian DC dengan catatan seperti CDI XP yang mempunyai tegangan konstan dan murni 350 Volt DC jauh lebih baik dan mudah. Pengapian AC membutuhkan magnet yang mempunyai medan magnet besar/ ringan serta mahal dan juga pengapian AC tidak bisa stabil karena memang cara kerja untuk menghasilkan tegangan di pengapian AC tergantung dari putaran mesin dan jenis magnet yang digunakan contoh cara kerja pengapian AC dengan menggunakan magnet special engine di RPM 3000 didapat tegangan 300 Volt AC dikonversi lagi menjadi 200 volt DC di RPM 5000 didapat tegangan 325 Volt AC di konversi lagi menjadi 225 Volt DC di RPM paling maksimal di dapat di RPM 10.000 didapat tegangan 600 VAC dikonversi lagi menjadi 325 Volt DC. Di RPM 12.000 didapat tegangan 580 Volt AC dikonversi lagi menjadi 315 volt DC dst nya akan menurun.

Pengapian AC : Magnet Spull ----> tegangan fluktuatif AC (maks 600 volt AC) tergantung RPM ------> tegangan fluktuatif DC (maks 325 Volt) tergantung RPM

Pengapian DC di CDI XP:
Aki 12 Volt dikonversi dengan teknologi toroid menjadi 1200 volt AC lalu dirubah lagi menjadi 350 Volt Konstan dan dikontrol secara maksimal menggunakan AVR (Automatic Voltage Regulator) dalam CDI XP Aki 12 volt ---> 1200 Volt AC (stabil) ----> 350 Volt DC constan di RPM berapapun juga (stabil), dari sisi tegangan saja sudah terlihat perbedaan yang sangat mencolok, dari segi modifikasi juga sangat mahal pengapian AC (harus menyediakan magnet spull dengan medan magnet yang kuat dan ringan) bila dibandingkan dengan pengapian DC CDI XP


7. Q : Berapa konsumsi arus maksimal yang ditarik oleh CDI XP

A : sangat kecil, hanya 0.15 ampere di RPM 800. Maksimal 1.5 Ampere terjadi RPM 40.000 (melalui simulator). Tarikan arus ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan peralatan elektronik lain spt klakson, lampu dll. Konsumsi arus yang sangat kecil hanya bisa dicapai dengan menggunakan teknologi Toroid yang kami miliki.


8. Q : Berapa lama garansi CDI XP?

A : Garansi 1 tahun penuh dan CDI XP bisa kami perbaiki (serviceable) bila telah melalui masa garansi

Tersedia untuk motor :

1. Ver 12: Supra Fit Supra X, Tiger 2000, Megapro, Kaze R, Minerva
2. Ver 14 : Shogun 110, Smash
3. Ver 25 : Yamaha Scorpio 225
4. Ver 30 : Shogun 125
5. Ver 38 : Supra X 125, Karisma 125
6. Ver 38-X : Honda CBR 150, Sonic 125
7. Ver 38 ZX : Kawasaki ZX 130
8. Ver 39 : Satria FU 150, Raider 125
9. Ver 41 : Suzuki Skywave, Spin
10. Ver 47 : Thunder 125 Ver 1,2 dan 3
11. Ver 57 : Jupiter Z, Mio Nouvo, Jupiter MX, Vega R
Khusus untuk Jupiter MX menggunakan Kabel set khusus dari XP Ignition

Pengapian XP :
1. http://www.youtube.com/watch?v=P0NpqKJK4mo
2. http://www.youtube.com/watch?v=RciPjehzCoA
3. http://www.youtube.com/watch?v=XM9YXb46A5Y

Tips-tips meningkatkan pengapian dengan CDI XP:
1. Coil : CDI XP bekerja dengan semua jenis Koil pabrikan maupun aftermarket, untuk hasil yang lebih baik disarankan menggunakan Koil XP Andrion Series CMC 2 A

2. Busi : Dikarenakan kemampuan daya lontar/daya letik api yang sangat kuat yang dihasilkan oleh CDI XP maka perenggangan celah busi sangat dianjurkan untuk mendapatkan pengapian yang lebih baik

3
Main Jet / Pilot Jet Carburetor : Sangat dianjurkan untuk meningkatkan ukuran Main Jet/ Pilot Jet untuk menghindari campuran bensin dan udara yang terlalu miskin/ lean

4. Advance Timing : Selalu stel kembali advance timing yang diinginkan setiap anda mengganti Koil, busi, karburator karena CDI XP akan mempelajari perubahan advance timing saat penggantian tersebut.


selamat memodif.....

terima Kasih..

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.